FENOMENA HIJAB DAN JILBAB


          Menjadi seorang muslimah memang sudah seharusnya untuk mematuhi perintah- perintah dalam islam. Misalnya dalam hal sederhana seperti berpakaian, di dalam islam sudah sangat jelas disebutkan bahwa aurat seorang wanita itu adalah seluruh anggota tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan. kita sering mendengar kata hijab dan jilbab, keduanya mempunyai fungsi yang sama yakni menutup aurat. Hijab adalah sesuatu yang dapat menutup seluruh anggota tubuh, sedang jilbab adalah sesuatu yang dapat menutup bagian atas kepala hingga bagian dada. ironisnya banyak muslimah sekarang ini lebih suka mengenakan jilbab yang tergolong simpel dan serba praktis, seperti yang langsung dilonjorkan ke kepala dengan ukuran yang kecil atau minim. Memang tidak semuanya seperti itu, tapi mungkin yang tidak termaksud di atas hanya sebagian kecil (minoritas). Atau mereka mengenakan jilbab yang seharusnya bisa dipanjangkan untuk menutupi sebagian atas tubuh tapi dibuat menjadi seringkas mungkin dan mengikuti trand mode pada saat itu. tidak memperhatikan bagaiman seharusnya yang dianjurkan di dalam syariat islam. bisa saja mereka mengatakan kalau jilbab itu hanya sekedar menutupi rambut dan beranggapan dirinya sudah menutup aurat. Lalu,bagaimana dengan hijab- nya? seperti daerah leher kebawah misalnya, tidak jarang juga ada wanita berjilbab tapi pakaiannya sangat ketat sehingga menunjukkan lekuk tubuhnya.
          “ Lagi- lagi gaya berjilbab anak SMA, kerudung umumnya dililitkan ke leher ( tidak dirumbaikan atau dijulurkan ke dada sebagaimana aturan islam ) dengan metode tersendiri, sekalipun pakaian sedikit sopan karena aturan sekolah tidak membolehkan baju ketat, namun rok bagian bawah digunting hingga nyaris ke lutut, saat berjalan sebagaimana auratnya tersibak. pergaulanpun nyaris tak berbeda dengan remaja non jilbaber, mereka terbiasa berjalan berdua dengan lawan jenis, boncengan motor atau bergerombol dengan lawan jenisnya tanpa ada jarak sebagaimana tuntunan islam”. ( Abu Al- ghifari, Kudung Gaul : 13 )
          Dari sekilas tentang fenomena yang termaksud diatas, sering sekali terjadi adanya follower (pengikut ), ketika semuanya sudah terpengaruh oleh mode dengan cara yang sangat mudah untuk menirunya. Apakah masyarakat umumnya dan para wanita islam khususnya terlalu sering disuguhi tontonan Televisi  yang tidak jauh dari dunia keartisan yang hampir semuanya bersifat stylish? mungkin juga mereka cenderung berkiblat pada orang yang mungkin kurang mengerti atau hanya sekedar asal- asalan. ya, semuanya bisa saja terjadi seiring perkembangan dunia yang semakin meng- global.
“ Hai Nabi, katakanlah pada istri- istrimu. anak- anak perempuanmu dan istri- istri orang mukmin. Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka. yang demikian itu supaya mereka mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah maha pengampun lagi Maha penyayang”(Q.S Al- Ahzab : 59). Dalam ayat ini memang disebutkan bahwa muslimah dianjurkan untuk  menutupi auratnya agar mudah dikenal  dan terhindar dari godaan laki- laki yang bukan muhrimhnya. Tapi kenyataannya fenomena jilbab modern yang terjadi malah membawa dampak kurang baik, karena memang penggunaanya tidak sesuai dengan yang dianjurkan.
          Agar generasi muslimah selanjutnya masih dalam pengenaan yang terjaga atau sesuai dengan syariat, ada baiknya kalau para pencipta mode atau public figur layaknya artis memberi contoh yang semestinya dan dalam batas kewajaran. Tidak menutup mata bahwa sekarang ini semuanya sudah terpengaruh oleh dunia barat, hampir semuanya yang ada dapat kita rasakan juga. Jadi boleh saja kita mengikuti trand mode yang ada, tapi juga memperhatikan hijab dan jilbab- nya. Jilbab yang dapat menutup bagian kepala hingga tubuh atas (dada). Dan hijab yang bersifat tertutup dan longgar tanpa menunjukkan lekuk tubuh pengguna. Tapi juga tidak terlalu berlebihan. Semoga pembenahan yang kita mulai dari diri sendiri ini akan membawa dampak yang baik terutama terhadap perilaku dan moral bangsa. Bukankan lebih indah dipandang bila setiap muslimah sekaligus terlihat cantik juga baik cara berpenampilannya.



tulisan pas kelas 1 sma... hahaha masih acak2 an >,<



Komentar

Postingan Populer